Sabtu, 06 Februari 2010

Macam-Macam Kabel Power Connector

Mungkin anda sering melihat ataupun memegang kabel power. dan anda semua mengira kabel-kabel itu sama jenisnya . da n anda salah ada beberapa macam jenis kabel power diantaranya ATX, ATA dan SATA, Berg connector, dll. dan berikut adalah jenis-jenis kabel.

1.ATX(Advenced Technolgy Extended)

conn_atx_1

ATX (Advanced Technology Extended) adalah slah satu kabel power konektor dirancang oleh Intel pada tahun 1995.

Beberapa form factor yg menggunakannya microATX, FlexATX dan mini-ITX.

Dan biasanya terletak dibelakang dasar tapi mengurangi ukuran papan dan jumlah posisi slot ekspansi

2.Berg Power Connector

connector-1

Berg Konektor adalah sebuah kabel konektor yg digunakan dalam perangkat keras komputer. Berg konektor ini dibuat oleh Berg Electronics Corporation of St Louis, Missouri, sebuah divisi dari Framatome Connectors International.

Berg konektor memiliki ukuran sebesar 2,54 mm (=. 100 inci) pitch, pin yang persegi (0,64 mm x 0,64 mm = approx. 0,025 x 0,025 inci), dan biasanya sebagai baris tunggal atau ganda konektor.

Banyak jenis konektor Berg ada. Beberapa yang lebih akrab yang digunakan dalam IBM PC yang kompatibel adalah:

4-pin konektor Berg digunakan untuk menghubungkan floppy disk drive unit ke unit suplai daya,

2-pin konektor Berg digunakan untuk menghubungkan panel depan lampu, turbo switch, dan reset tombol untuk motherboard, dan

2-pin konektor Berg digunakan sebagai motherboard jumper untuk konfigurasi.

3.Molex Power Connector

234324sa23423423423

Molex konektor adalah selama dua potong pin dan soket interkoneksi, disk drive paling sering konektor. Dipelopori oleh Molex Products Company, menjadi awal standar elektronik. Molex dikembangkan dan dipatenkan contoh pertama dari konektor ini gaya pada akhir 1950-an dan awal 1960-an. Pertama digunakan dalam rumah tangga, industri lain segera mulai merancang ke dalam produk mereka dari mobil ke mesin penjual komputer mini.

Dalam sebuah konektor, musim semi-logam silinder pin sesuai dengan musim semi-logam silinder soket. Pin dan soket yang diadakan di sebuah matriks persegi panjang dalam shell nilon. Konektor biasanya memiliki 2, 3, 4, 5, 6, 9, 12, atau 15 sirkuit dan terpolarisasi untuk memastikan benar coupling. Pin dan soket dapat diatur dalam setiap kombinasi dalam satu konektor, dan masing-masing perumahan dapat berupa male atau female.

Ada tiga khas pin ukuran: 1,57 mm (0,062 in), 2,36 mm (0,093 in), dan 2,13 mm (0,084 in). Pin 1,57 mm yang dapat membawa 5 A saat ini, sementara 2,36 mm dapat membawa 8,5 A. Karena memiliki pin kontak area permukaan besar dan cocok erat, konektor ini biasanya digunakan untuk kekuasaan.

Gaya konektor ini pertama kali digunakan sebagai disk drive komputer konektor pada akhir tahun 1970-an, awalnya pada Shugart, floppy disk drive sebagaimana Atari (1979) pada jalur untuk menjadi standar de facto. Dalam peran ini, bahwa istilah vernakular Molex konektor yang paling sering digunakan. AMP (sekarang sebuah divisi dari Tyco International) mengembangkan MATE-N-LOK 2,13 mm pin konektor yang sama dengan kekuatan 8.981 Molex konektor. Ini Amp konektor Molex dan konfigurasiadalah didirikan disk drive standar untuk konektor daya sampai munculnya SATA disk drive.

4.PCI Express

Molex-to-PCI-Express-Adapter-350x350

PCI Express (Peripheral Component Interconnect Express), secara resmi disingkat PCIe (atau PCI-E, seperti yang biasa disebut), adalah sebuah standar kartu ekspansi komputer yang dirancang untuk menggantikan PCI yang lebih tua, PCI-X, dan AGP standar. PCIe 2.0 adalah standar terbaru untuk kartu ekspansi yang tersedia pada komputer pribadi utama.

PCI Express digunakan konsumen, server, dan aplikasi industri, sebagai tingkat motherboard interkoneksi (untuk menghubungkan perangkat yang terpasang di motherboard) dan sebagai antarmuka kartu ekspansi untuk add-in boards. Perbedaan kunci antara PCIe dan sebelumnya adalah topologi bus berdasarkan point-to-point link serial, bukan paralel bersama arsitektur bus.

PCIe antarmuka listrik yang juga digunakan dalam berbagai standar lainnya, terutama laptop ExpressCard antarmuka kartu ekspansi.

Secara konseptual, bus PCIe dapat dianggap sebagai kecepatan tinggi serial pengganti yang lebih tua (paralel) PCI / PCI-X bus. [2] Di tingkat perangkat lunak, PCIe memelihara kompatibilitas dengan PCI; sebuah perangkat PCIe dapat dikonfigurasi dan digunakan dalam aplikasi warisan dan sistem operasi yang tidak memiliki pengetahuan langsung tentang fitur PCIe yang lebih baru. Dalam hal bus protokol, komunikasi PCIe dikemas dalam paket. Karya packetizing dan depacketizing data dan pesan status lalu lintas ditangani oleh lapisan transaksi PCIe port (dijelaskan kemudian).

5.ATA atau SATA

ide_133_cable

Serial ATA atau SATA bus komputer, adalah penyimpanan-antarmuka untuk menghubungkan host bus adapter untuk perangkat penyimpanan massal seperti hard disk drive dan optical drive. SATA host adapter terintegrasi ke hampir semua konsumen modern dan desktop laptop motherboard.

Serial ATA ini dirancang untuk menggantikan ATA (AT Attachment) standar (juga dikenal sebagai EIDE). Hal ini dapat menggunakan perintah tingkat rendah yang sama, namun serial ATA host-adapter dan perangkat berkomunikasi melalui kecepatan tinggi kabel serial lebih dari dua pasang konduktor. Sebaliknya, paralel ATA (yang redesignation untuk warisan spesifikasi ATA) yang digunakan 16 data konduktor masing-masing beroperasi pada kecepatan yang jauh lebih rendah.

SATA menarik menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan yang lebih tua paralel ATA (PATA) antarmuka: mengurangi kabel-massal dan biaya (dikurangi dari 80 kabel ke tujuh), lebih cepat dan lebih efisien transfer data, dan hot swapping.

Seperti tahun 2009, SATA telah menggantikan sebagian besar paralel ATA di semua konsumen pengiriman PC. PATA tetap dalam industri dan aplikasi tertanam tergantung pada penyimpanan CompactFlash meskipun standar penyimpanan CFast baru akan didasarkan pada SATA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar