Selasa, 09 Maret 2010

Apakah Efek Banyak Anti Virus?

Pemakaian Banyak Anti virus? Pada dasarnya komputer dapat memakai 2 anti virus. Dan Hanya komputer yg memiliki RAM GIGA-an saja yg disarankan. Tapi apakah cara ini bagus bagi komputer anda yg memiliki Ram dan HDD yg pas-pasan? Tentu saja tidak dan berikut adalah efek yg disebabkan oleh banyaknya anti virus.

EFEK PEMAKAIAN BANYAK ANTIVIRUS :
1. EFEK SISTEM
Pemakaian dua antivirus secara umum pasti mengeluarkan efek, yaitu lebih pada konteks sistem. Pemakaian dua atau lebih antivirus bisa saja menyebabkan persaingan service keamanan, meskipun efek ini "jarang terjadi" namun ketika persaingan tersebut telah memunculkan konflik internal sistem, akibatnya bisa sangat berbahaya. Saya sendiri pernah menjumpai pemakaian dua antivirus menyebabkan RAM CRASH (mati total) ini efek paling akut yang disebabkan pemakaian antivirus lebih dari satu. Memang efek ini jarang terjadi, namun mencegah lebih baik dari pada mengobati.. betul.


2. EFEK MEMORY
Pemakaian dua antivirus atau lebih, pasti membutuhkan resource memory yang besar bandingkan pada pemakaian satu antivirus saja RAM bisa terpakai beberapa persen untuk menghandle service yang diberikan. meski kita tidak menyadari, sebenarnya pemakaian auto protect, resident shield (atau apalah tergantung antivirus yang dipakai) sangat menguras kapasitas memory, jika memakai lebih dari satu antivirus anda pasti tahu sendiri akibatnya... istilah kerennya "KOMPIE GUWA LEMOT NICH.." hehe.. gitu. Tapi lain cerita jika RAM yang kita gunakan memiliki kapasitas "BERGIGA-GIGA" tentu saja efek memory ini tidak terlalu terasa.


3. EFEK INSTALASI
Efek instalasi pasti ada, meskipun efek ini jarang terjadi! Yaitu apabila antivirus yang dipakai memiliki kesamaan dalam struktur instalasi dan lokasi registry . Antivirus tersebut sering menyebabkan problem registry,, misalnya anda telah telah meng-uninstal habis antivirus yang sebeumnya anda pakai dan berniat mengganti dengan variant antivirus lain.. namun ketika anda memulai melakukan proses instalasi antivirus baru, ada pemberitahuan bahwa anda harus meng-uninstall antivirus yang sedang anda pakai,, lhoo???" terpaksa harus masuk via registry editor dan menghapus file instalasi AV. Meskipun efek ini jarang terjadi tapi... sekedar informasi.. just for information.


Anda bisa memakai dua antivirus asalkan berbeda type yaitu "satu" antivirus instalan contonhya AVG, AVIRA, ESET, Kaspersky, Norton dll (sebagai primary antivirus) dan "satu lagi" antivirus portable contohnya PCMAV, Ansav, SmadAV dll (Sebagai secondary antivirus)

2 komentar:

  1. Klo make antivirus 4,, apa efeknya..?
    Antivirusnya : AVG, Avira, MSE, Smadav..
    Please ksi tw apa akibatnya..

    BalasHapus
  2. dulu di laptop saya terinstall 4 antivirus. tapi kemudian saya hapus semuanya.. sekarang laptop saya tidak terinstall antivirus sama sekali..
    malah sekarang saya berternak virus,, ha ha ha

    BalasHapus