Senin, 26 Juli 2010

Latar Belakang Dan Sejarah Jaringan Komputer

Nahhh kembali lagi ni postingan jaringan, kan postingan yang lalu ngebahas tentang pengertian jaringan. Tapi kali ini saya akan ngebahas tentang sejarah dan latar belakang kenapa sih ada jaringan itu! Selagi tadi diajarin ama guru tentang sejarah jaringan sekalian aja ngulas balik supaya nambah ilmuuu.... Ok supaya ga memperpanjang pemikiran saya buat ngarang kata-kata langsung aja saya bahas!!!

Sejarah Dan Latar Belakang
Pada tahun 1940-an para ilmuan Amerika serikat melakukan sebuah riset atau penelitian agar suatu perangkat komputer dapat digunakan secara bersamaan. Hal ini disebabkan pada tahun 1950-an jenis-jenis komputer mulai membesar dan menyebabkan terciptanya Super Komputer. Karna mahalnya perangkat Super Komputer tersebut terjadi tuntutan dimana komputer harus melayani beberapa terminal dan proses tersebut dinamakan dengan Proses Distribusi (Distribution Processing).
 Karna itulah tercipta suatu terminal berdasarkan waktu atau bisa disebut dengan TSS (Time Sharing System) yang merupakan bentuk awal jaringan komputer (Computer Networking). Pada TSS adalah beberapa terminal dihubungkan secara seri ke sebuah host. lalu terminal-terminal ini diperbarui lagi menjadi jaringan paralel. Setelah bentuk komputer nulai mengecil dan mulai memurah lalu terminal-terminal itu dikembangkan kembali menjadi suatu terminal yang tidak membutuhkan komputer pusat, terminal-terminal tersebut bisa menjadi server ataupun client. dan disebut juga dengan Peer To Peer Dan LAN (Local Area Network). Dan demikian pula ketika internet mulai di perkenalkan bahkan sebagian besar LAN berdiri sendiri dan terbentuknya jaringan raksasa di tingkat dunia yang di sebut dengan insilah WAN(World Area Networking)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar